Kamis, 09 Juni 2011

Pagelaran Sendratari Putri Ong Tien oleh Mahasiswa UPI Bandung


Sebuah pagelaran sendratari budaya telah dipersembahkan oleh mahasiswa-mahasiswa seni UPI Bandung, pada tanggal 25-26 Mei 2011. Mereka menampilkan sendratari yang diangkat dari buku novel faksi sejarah berjudul "Putri Ong Tien, Kisah Perjalanan Putri China Menjadi Istri Ulama Besar Tanah Jawa".

Kemampuan mereka menerjemahkan teks narasi ke dalam visualisasi gerakan dan paduan irama tradisional patut diberi acungan jempol. Bahasa visual sendratari tidak sekadar menghadirkan gerakan tubuh dan ekspresi wajah. Sendratari adalah salah satu bentuk budaya visual yang juga menghadirkan makna tentang kebudayaan masyarakat tempat aktivitas budaya itu berada.

6 komentar:

  1. Win, aku udah baca lho buku ini. Makasih ya udah dikasih. Menarik. Kok bisa sih, dikau nulis 'begini'an. hehe... Mampir juga ya di blog ku: www.kussusanti.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Winny......sekali kali aku dikasih buku gratis plus tanda tanganmu dong....kan bangga punya teman novelis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mbak Kar...maaf baru buka blog lagi...nanti ya aku kasih bukuku :)

      Hapus
  3. kapan mau ditampilkan di jakarta, mohon kabarnya ya ibu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ardi, maaf baru buka blog lagi. Makasih perhatiannya. Iya nih...saya juga maunya ditampilkan di Jakarta juga. Tapi mahasiswa UPI berkreasi sendiri...saya sih tidak terlibat, Di...:)

      Hapus

Makna Pandangan atau Tatapan (The Gaze) dalam Budaya Visual

Pernah dilihatin orang nggak?  Terus kita suka bilang, "Apaan lu lihat-lihat?" Gitu, kan? Jangan keliru berucap. Yakin dia se...